Rabu, 01 September 2010

Metallica

Metallica tu Semuanya dimulai dari…

Awal 1981
Lars Ulrich, seorang fans dari New Wave of British Heavy Metal metal yang berkeinginan untuk memulai sebuah band. Dia akhirnya membuat sebuah iklan di majalah Recycler terbitan California bagian Selatan yang isinya: “Drummer looking for other metal musicians to jam with, Tygers of Pan Tang, Diamond Head and Iron Maiden.”


Oktober 1981
Meskipun pada saat itu Lars masih belum mempunya band, dia meyakinkan temannya Brian Slagel (pendiri Metal Blade Records) untuk memasukan lagunya di album kompilasi berikutnya, Metal Massacre. Slagel setuju dan akhirnya Lars merekrut James Hetfield sebagai vokalis dan pemain gitar.
Masih dengan band yang belum mempunyai nama, Lars berdiskusi dengan seorang temannya Ron Quintana yang sedang mencari nama untuk sebuah Fanzine. Diantara nama-nama yang disebutkan Quintana adalah “Metal Mania” dan “Metallica”. Lars meyakinkan Rob untuk menggunakan nama Metal Mania untuk Fanzine dan “mencuri” nama Metallica sebagai nama bandnya.

Awal 1982
Berikutnya Dave Mustaine merespon iklan yang dipasang oleh Lars juga di majalah Recycler yang isinya mencari seorang pemain gitar.  Setelah mendengar permainan gitar Dave dan melihat perlengkapan alat-alatnya, lars dan James memutuskan untuk merekrut Dave.
Metallica merekam lagu pertama mereka “Hit The Lights” untuk album kompilasi Metal Massacre I. Formasi band pada saat itu adalah: James Hetfield sebagai vokalis, pemain rhythm gitar dan bas. Lars Ulrich sebagai pemain drum. Dave Mustaine sebagai pemain lead gitar.

14 Maret 1982
Metallica melakukan konser pertama mereka di Radio City, Anahiem, California dengan formasi: James Hetfield, Lars Ulrich, Dave Mustaine dan Ron Mcgovney.
James berpikir bahwa band ini tidak akan berhasil tanpa adanya seorang frontman, dan bernyanyi sambil bermain gitar tidak keliatan terlalu baik. Setelah beberapa sesi latihan yang kurang sukses dengan vokalis lain, Sammy Dijon, akhirnya mereka memutuskan bahwa James tetap sebagai vokalis dan frontman sementara semua bagian gitar akan dilakukan oleh Dave.

27 Maret 1982
Metallica sebagai opening act grup Saxon di Whisky. Sebenarnya Motley Crue yang harus tampil sebagai opening act nya Saxon. Tapi kenyataannya Tommy Lee dan Vince Nail menolak untuk tampil sebagai band pembuka lagi. Dan akhirnya mereka memperkenalkan Ron McGovney kepada sang promoter yang berakhir dengan tampilanya Metallica sebagai band pembuka Saxon.

April 1982
Metallica membuat album demo mereka yang pertama dengan judul Power Metal. Nama tersebut terinspirasi dari Kartu Nama mereka yang dibuat oleh Ron McGovney.

25 Mei 1982
Metallica mengadakan konser di Backbay High School (tempat sekolah Lars) di Costa Mesa. Penampilan pertama James pada Rhythm gitar. Sayangnya konser tersebut tidak terlalu sukses karena mayoritas mereka adalah bukan penggemar Metal dan tempat tersebut sudah hampir kosong sebelum mereka menyelesaikan setlist nya.

14 Juni 1982
Metal Massacre I dirilis.Pada cetakan pertama ada kesalahan penulisan oleh Label Rekaman tersebut: ”Mettallica” dan “Ron McGouney”. Karena “Hit The Lights” dalam versi tersebut direkam hanya dengan menggunakan 4 trek kaset player maka hasilnya juga tidak terlalu bagus.

6 Juli 1982
Metallica membuat album demo mereka yang kedua dengan judul No Life ‘till Leather dengan materi tujuh lagu baru: “Hit The Lights”, “Mechanix”, “Motorbreath”, “Seek and Destroy”, “Metal Militia”, “Jump in The Fire” dan “Phantom Lord”.
Beberapa bulan kemudian James dan Lars menyaksikan pertunjukan band Trauma di Whisky A Go-Go dengan Cliff Burton sebagai pemain bas. Cliff mengunakan pedal Wah pada gitar basnya untuk menghasilkan suara yang sangat-sangat berbeda dengan pemain-pemain bas yang lainnya.
Tertarik dengan permainan basnya Cliff dan sedikit kecewa dengan permainan bas Ron McGovney, Lars dan James mendekati Cliff setelah pertunjukan dan menanyakan dia untuk ikut bergabung dengan Metallica. Pada saat itu jawaban Cliff adalah “Tidak”. Meskipun pada akhir tahun Cliff akhirnya setuju untuk bergabung dengan Metallica jika mereka mau pindah ke San Fransisco.

29 Nopember 1982
Metallica mengadakan pertunjukan di Old Waldrof, San Fransisco dengan Exodus sebagai band pembuka. Pada saat itulah untuk pertama kalinya mereka bertemu dengan Kirk Hammet. Konser Metallica tersebut direkam secara amatir oleh mereka dan akhirnya menjadi demo dengan judul Live Metal Up Your Ass Demo.
Malam berikutnya, mereka ikut ambil bagian dalam acara Metal Mania nya Ron Quintana. Ini adalah penampilan terakhirnya Ron McGovney dengan Metallica.

28 Desember 1982
Jam Session pertama Cliff Burton dengan Metallica di El Cerrito di rumah manajer Grup Exodus, Mark Whittaker.

Lanjut Ke Metallica2

MG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

follow me on FB

Welc0me Di em0 Bl0g

Met Dateng Di Blog Sederhana we, Blog yg Mencakup Berbgai Hal yg Menurut we Berguna, Makasih udah Mau Mampir Di BLog we, Kalo merasa Berguna Bisa Tinggalin Comment dan Kalo yg Mau BackLink ya, Makasih.

Sekilas tentang em0

Kenalin Temen2 Nama we Hadi, we Tinggal Di Bogor, we Mahasiswa Dari Dua Universitas IPB dan UIK, Makasih Udah Mau Mampir

em0